Metro Pare

Kursi Direksi PDAM Parepare Diperebutkan, Ini Calonya?

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Seleksi jabatan strategis kursi Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Parepare periode 2019-2023 telah memasuki masa ujian tulis. Ada lima calon yang mengikuti tahapan ujian tulis, setelah dinyatakan lulus berkas. Ujian tulis berlangsung di Meeting Room Hotel Pare Beach, beberapa waktu lalu.Seperti diketahui, masa jabatan Direksi PDAM Parepare yang dijabat oleh Lukman Hakim akan berakhir pada tanggal 17 November 2019.

Sehingga dilaksanakan pemilihan, dan direncanakan selesai pada 16 November 2019, mendatang. Kelima calon yang bersaing memperebutkan kursi Direksi PDAM tersebut, diantaranya mantan Wakil Ketua DPRD Parepare, Andi Firdaus , Muhammad Sukri mantan Plt Dirut PDAM Parepare, Abadi Gunawan mantan staf pegawai Bank Bukopin, H Sulaiman dan Andi Arista Tanrasula.

Sebelum tahap ujian tulis, bakal calon mengumpulkan berkas dengan kriteria umur minimal 32 tahun hingga 55 tahun pada saat pertama kali mendaftar. Selanjutnya panitia seleksi (pansel) melakukan verifikasi berkas, dan dilanjutkan ke tahap ujian tulis.

Pansel Direksi PDAM Parepare yang juga Asisten I Pemkot Parepare, Hj St Aminah Amin mengatakan, ada enam bakal calon yang mendaftar seleksi direksi PDAM, namun yang dinyatakan lulus berkas, hanya lima orang. “Awalnya ada enam orang peserta pendaftar, tapi sangat disayangkan ada peserta yang gugur karena faktor umur tidak bersyarat. Karena maksimal umur 55 tahun, ada yang satu itu berumur 60 tahun,” katanya.

Ia mengatakan, penyeleksian tidak sampai hari ini. Namun terdapat tahapan-tahapan selanjutnya. Diantaranya, tanggal 6 November, penyetoran makalah dan rencana bisnis. Pada tanggal 7-8 November, ada psikotes. Setelah itu, Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Hasil ujian ini, kata Aminah Amin, akan dilaporkan ke walikota, dilanjutkan dengan tahap interview dengan tiga bakal calon yang bersaing menduduki kursi direksi selama empat tahun mendatang.

“Ujian yang dilakukan adalah wawancara mengenai makalah yang dimasukan dan rencana bisnis. Setelah itu dilakukan pembobotan nilai, dan hasilnya dilaporkan kepada bapak walikota dari hasil seleksi yang dilakukan, mulai tahap pertama hingga tahap terakhir. Dan pada akhirnya, nanti akan keluar tiga nama untuk di wawancarai walikota. Disitulah hasil penetapannya nanti, hasil wawancara dari walikota,” jelasnya.

Ia menambahkan, pansel PDAM mengupayakan hasil seleksi akan selesai pada tanggal 16 mendatang. Ketika jadwal dari walikota padat, maka tim dari PDAM akan menyesuaikan dan pergantian akan dilaksanakan setelah hasil semua proses penyeleksian selesai. (ana)

TRENDING

To Top