Info Desa

Hasil Pilkades Serentak di Majene, Didominasi Wajah Baru

PAREPOS. CO. ID, MAJENE– Calon Kepala Desa (Cakades) berstatus petahana yang bertarung dalam pilkades serentak di Kabupaten Majene tak seluruhnya sukses. Bahkan hasilnya didominasi wajah baru. Dari 19 Desa yang mengelar hajatan tersebut, Kamis 21 November, sebanyak 13 petahana justru bertumbangan atas lawan-lawan yang dihadapinya.

Cakades petahana yang bertumbangan berada di Desa Bonde yang dimenangkan Awaluddin, Desa Palipi Sendana, Aco Tasrif, Desa Tallu Banua, Safruddin, Desa Tallambalao, Baharuddin, Desa Seppong, Mawardi, Desa Tubo Selatan, Jalaluddin, Desa Tubo, Muh. Nasri, Desa Onang Utara, Kaiyyum, Desa Onang, Asmadi, Desa Sambabo, H. Nurdin, Desa Lombong, Amiruddin, Desa Maliaya, Masrif serta Desa Mekkatta, Kasman.

Sedangkan 6 petahana yang mampu bertahan berada di Desa Simbang, Rahmadi, Desa Adolang, Sukiman, Desa Lalattedzong, Ridwan, Desa Tammeroddo, Sofyan, Desa Ulidang, Rusdi dan Desa Bambangan, Saifuddin. Salah seorang warga Majene, Arham menuturkan, hasil pilkades sudah umumkan Pemkab Majene. “Banyak wajah baru yang menjadi pemenang di pelaksanaan Pilkades Serentak, ini pun menunjukan sikap dari masyarakat terhadap pembangunan diwilayahnya,”singkatnya, pagi tadi.

Guna mengamankan hasil perhelatan Pilkades Serentak, Kapolres Majene, AKBP Irawan Banuaji menurunkan anggotanya sebanyak 160 personil. Menurutnya, itu dilakukan untuk menjaga situasi di lapangan agar tetap aman kondusif. Sebelumnya, Bupati Majene Fahmi Massiara yang turun langsung memantau pilkades mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih rata-rata di atas 90 persen. Dia juga menyarankan semua pihak, baik calon kalah atau menang maupun pendukung dapat menerima hasilnya dan tetap menjaga persatuan dan hubungan silaturrahmi.

Cakades Raih Dua Suara

Ada yang menarik dari hasil pelaksanaan Pilkades serentak kali ini dan menjadi bahan perbincangan masyarakat. Seperti yang terjadi Desa Adolang, Kecamatan Pamboang yang dimenangkan petahana, Sukiman. Usai penghitungan di TPS, ada satu cakades hanya memperoleh dua suara.

Sebut saja hasil Pilkades di Desa Andolang yang diikuti empat Cakades. Salah satunya, Sukri hanya meraih dua suara, sedangkan petahanan Sukiman meraih 319 suara, Jaenuddin 259 suara dan Rahmat 39 suara. “Setelah melihat hasilnya kami sangat prihatin. Mungkin yang pilih hanya dirinya sendiri bersama istrinya, “timpal M Arham.(edy)

TRENDING

To Top