Metro Pare

Hasil OPS Zebra, Pengendara Roda Dua Dominasi Pelanggaran di Parepare

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Zebra 2019 di Kota Parepare. Setidaknya sebanyak 350 kendaraan baik roda dua maupun empat berhasil dijaring Satuan Lalulintas Polres Parepare.

Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Budi Susilo S.Sos menjelaskan, dalam razia selama pelaksanaan dari tanggal 23 Oktober-5 November 2019 ada 350 unit kendaraan yang ditindak. “350 unit kendaraan tersebut terdiri atas 250 sepeda motor, 30 mobil truk dan 70 minibus serta barang bukti berupa SIM dan STNK,”jelasnya, pagi ini.

Budi mengakui, paling banyak melakukan pelanggaran itu pengendara roda dua yang tidak melengkapi administrasi. “Pengendara yang kedapatan melanggar langsung kita tilang dengan menahan barang bukti kendaraan berupa STNK maupun SIM,” jelasnya.

Operasi Zebra yang telah kita laksanakan, itu menitik beratkan pada delapan sasaran yakni, kelengkapan administrasi pengemudi dan kendaraan bermotor, penggunaan helm SNI, kendaraan yang melawan arus lalu lintas, serta penggunaan sabuk pengaman.

Kemudian pengemudi dalam pengaruh alkohol dan obat obatan terlarang, menggunakan ponsel saat mengemudi, melampaui batas kecepatan, serta pengemudi di bawah umur.

Selain itu, tidak terkecuali untuk mobil angkutan barang yang bermuatan melebihi kapasitas, melawan arus, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), plat motor, dan pelanggaran lainnya.

Kemudian pengemudi di bawah umur yang belum memiliki SIM, tidak menggunakan helm, menggunanakan narkoba atau mabuk dan mengemudi melebihi kecepatan. Tujuan dari delapan sasaran itu dilakukan pihak kepolisian dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas. “Usai pelaksanaan operasi zebra akan kita lanjutkan dengan menggelar operasi rutin,”ungkapnya.(ade)

TRENDING

To Top