Pendidikan

Hari Guru, Arifuddin Idris: Mendikbud Ingin Terapkan Pola Belajar Aplikatif

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Hari guru diperingati ribuan kalangan pendidik. Tak terkecuali di kota Parepare. Momentum hari guru tahun ini juga ditandai dengan hadirnya Menteri Pendidikan yang baru, Nadiem Makarim. Sambutan Nadiem Makarim yang dibacakan oleh Wakil Walikota Parepare pada saat hari guru, Senin 25 November dihadapan ratusan guru ditanggapi Kepala Plt Dinas Pendidikan Kota Parepare, Arifuddin Idris.

Menurutnya, Menteri Pendidikan yang baru tersebut, ingin pola pembelajaran di sekolah yang lebih aplikatif dan bukan teoritik. “Kalau kita cermati itu, pak menteri mau aplikatif, bukan teoritik,” tuturnya.

Loading...

Kata dia, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menghendaki gaya baru pada proses pembelajaran disekolah, yakni ingin lepas dari kungkungan formal yang dinilainya banyak teori dan perangkat pembelajaran. “Gaya Menteri baru ingin lepas dari kungkungan formal proses pembelajaran di sekolah,” ujarnya

Sambung Arifuddin, pembelajaran yang lebih bebas seperti belajar di ruang terbuka, diskusi dan berpetualang adalah hal yang lebih aplikatif dengan dukungan fasilitas. Karenanya, gurupun harus dituntut memiliki keilmuan yang mumpuni dengan SDM dan keilmuan kesarjanaan, baik dari sisi formal maupun empiris. “Dalam arti, harus inovatif dan kreatif dengan sumber daya terbarukan mengikuti jaman perkembangan milenial. “Guru jangan lagi terkungkung pada pola proses pembelajaran yang begitu padat dan menyiksa,” pungkasnya. (wal)

Loading...

TRENDING

To Top