Pendidikan

Hari Anak International, SMAN 3 Pinrang Dukung SRA Dengan Cara Ini

PAREPOS.CO.ID, PINRANG– Dalam rangka menyambut peringatan Hari Anak International, SMAN 3 Pinrang dan sekolah tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK sederajat melaksanakan kegiatan serentak untuk mendukung Sekolah Ramah Anak (SRA) , Kamis 7 November 2019.

Beberapa kegiatan disekolah dilakukan untuk menanamkan pendidikan karakter dan nilai-nilai kehidupan pada siswa, dapat dilaksanakan di manapun dan kapanpun baik di kelas atau di luar kelas. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di SMAN 3 Pinrang dalam menanamkan pendidikan karakter dan nilai kehidupan pada siswa adalah penyambutan siswa pada pagi hari.

Selain itu, kegiatan dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu makan bersama dengan diawali cuci tangan, kemudian bermain tradisional, lalu dilanjutkan belajar diluar ruangan, sehingga suasana belajar lebih segar dan lebih nyaman.

Wakasek Humas SMAN 3 Pinrang, Drs H Mukhtar menjelaskan, kegiatan pagi hari di awali pada pintu gerbang sekolah dengan senyum, sapa, dan salam guru-guru menyambut anak didiknya. Harapannya agar terbangun suasana nyaman dan harmonis sehingga tercipta suasana yang kondusif ketika proses belajar mengajar dimulai. Menyambut siswa juga memberikan suri tauladan yang baik bagi anak didik agar tepat waktu datang ke sekolah. ” Sebelum siswa datang, guru telah berada di sekolah, itu juga menandakan bahwa guru telah siap sedia untuk membagi dan mentransfer ilmu kepada anak didiknya,”jelasnya.

Memantau kedisiplinan dan kerapian siswa dalam berpakaian, kata Mukhtar, juga sekaligus dilakasanakan dalam penyambutan siswa ini, bila ada anak yang kurang rapi dalam berpakaian atau kurang lengkap mengenakan atribut sekolah guru akan langsung menegur atau merapikannya.

” Alhamdulillah kegiatan sambut siswa ini diharapkan menjadi rutinitas guru disekolah yang bermotto Sekolah maju inofatif dan prestisius yang di singkat SMANTAP ini. Semoga para guru diberikan kemudahan dan kesehatan dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari, sehingga anak-anak generasi penerus bangsa mendapatkan bekal yang cukup untuk masa depan,”ungkapnya.

Ditambahkannya, makan bersama dan membawa makanan dari rumah diharap lebih sehat sehingga dilakukan pembiasaan membawa makanan dari rumah. Serta permainan tradisional agar siswa bisa bergerak, senam bersama, membersihkan lingkungan, dan deklarasi SRA.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Pinrang, Abdul Wahid Nara berharap kegiatan di sekolah dapat lebih kondusif dengan ramah anak. “Jika kita ciptakan kondisi atau iklim sekolah yang baik maka siswa dan guru merasa nyaman dan betah disekolah sehingga proses pembelajaran bisa lancar dan mencapai target” jelasnya.(*/ade)

TRENDING

To Top