Sulawesi Barat

Ciptakan Majene Mapaccing, Dinas PPPA Gandeng Puluhan IRT

PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Untuk lebih intens menciptakan gerakan Majene mapaccing, pihak Dinas Pemberdayaan, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Majene bersama TP PKK Majene, kembali menggelar penyuluhan berlangsung di kantor dharma wanita persatuan Majene, Rabu 6 November.

Penyuluhan yang dihelat itu melibatkan puluhan ibu-ibu rumah tangga dari kecamatan Banggae dan Banggae Timur untuk dibekali pemahaman tentang gerakan Majene Mapaccing.

Kepala Dinas PPPA Majene, Hj Riadiah Zakariah menyebutkan, sebanyak 60 orang ibu-ibu rumah tangga saat ini diberikan pemahaman tentang cara menjaga kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah. Selain itu, juga diberikan pamahaman dalam membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah, mencegah rantai penularan penyakit dan meningkatkan taraf kesehatan di dalam rumah tangga.

Kadis Riadiah menambahkan, sebenarnya program kebersihan memang ada OPD teknis yang menangani seperti DLHK. Akan tetapi, sebaiknya juga ada OPD lainnya yang bisa berkontribusi untuk mempercepat program Gerakan Majene Mapaccing (GMMC). Sehingga pelibatan ibu-ibu ini juga dianggap paling efektif ambil bagian. Mengingat untuk dapat mensosialisasikan program kebersihan seharusnya dimulai dari unit atau lingkungan terkecil, separti dari keluarga itu sendiri, baik itu bapak, ibu dan anak.

Sementara Ketua TP PKK Majene, Hj Fatmawati Fahmi, menceritakan ide GMMC pertama kali muncul saat ia dari perjalanan pulang dari Makassar menuju Majene. Dia mengaku tertarik dengan program kota Makassar tidak Rantasa’ yang dijalankan Walikota Makassar saat itu Dani Pamanto.

Untuk itu, ia menilai program kebersihan di Majene harus dimulai dengan gerakan bersama dengan melibatkan semua pihak termasuk para ibu-ibu rumah tangga.

“Sehingga saya berharap melalui penyuluhan ini akan menjadi bekal yang baik buat para ibu-ibu, bagaimana menjaga lingkungan dan memanfaatkan sampah dan lainnya, sehingga lingkungan tetap kelihatan bersih, indah dan sehat, ” harapnya. (edy/ade)

TRENDING

To Top