Politik

AIJ Siap Maju di Pilkada Soppeng: Bismillah…

PAREPOS.CO.ID, MAKASSAR – Nama Andi Irfan Jaya (AIJ) masuk dalam daftar bursa calon usungan Nasdem Sulsel di Pilkada Soppeng. Apa respon AIJ?

Ketua Bappilu Nasdem Sulsel ini mengaku siap mewakafkan diri dan mengemban amanah untuk membangun kampung halamannya. Dengan catatan, jika memang didukung warga Kabupaten Soppeng.

“Bismillah. Jika saya memang dibutuhkan, maka saya siap pulang kampung,” tegas AIJ dengan mimik serius, pada Sabtu 2 November 2019.

Pemuda yang lahir di Soppeng pada 16 Mei itu, memang banyak berkiprah di luar kampung halamannya. Hampir separuh usianya dihabiskan di Jakarta dalam meniti karir.

Kini, AIJ berdomisili di Kota Makassar untuk mengurus bisnis usahanya, pasca resign sebagai karyawan swasta di ibu kota. “Saya sudah merasa tidak cocok lagi hidup di ibu kota. Jiwa saya ada di kampung halaman,” ujarnya.

AIJ adalah satu-satunya kader ‘wajah baru’ dalam bursa calon usungan Partai Nasdem untuk Pilkada Soppeng. AIJ harus bersaing dengan dua kader ‘wajah lama’, Lutfie Halide dan Andi Zulkarnain Soetomo. Ketiganya akan bersaing merebut ‘tiket’ dari Surya Paloh.

Lutfie Halide dan Andi Zulkarnain alias Bogel, sudah punya investasi politik dan sosial untuk bertarung pada tahun depan. Keduanya pernah berduet di Pilkada Soppeng 2015 di bawah bendera koalisi Partai Nasdem cs.

Bagaimana dengan AIJ? Meski belum punya pengalaman bertarung, alumnus Universitas Negeri Makassar (UNM) ini memiliki seabrek pengalaman dalam memenangi kontestasi politik.

AIJ adalah figur di balik layar dalam perhelatan pilkada dan pemilu di tanah air, di bawah bendera perusahaan lembaga survei dan konsultan politik nasional yang bermarkas di Jakarta.

Hal ini dilakoninya selama belasan tahun, sebelum bergabung ke Partai Nasdem Sulsel. Jaringannya luas, pandai meracik strategi pemenangan.

Bisa dikata, dialah salah satu ‘otak’ atas melejitnya perolehan suara Nasdem di Sulsel pada Pemilu 2019. Di era kepemimpinan Rusdi Masse (RMS), Nasdem Sulsel sukses menyumbang 4 kursi ke Senayan dan menyabet 12 kursi di DPRD Sulsel.

Diberitakan sebelumnya, DPW Nasdem Sulsel memprioritaskan kadernya untuk bertarung di Pilkada Soppeng 2020. Ada tiga nama yang disiapkan Nasdem.

“Kader kita di sana banyak yang bisa bertarung. Ada Lutfie Halide, Bogel (Zulkarnain) sama Irfan Jaya,” kata Sekretaris DPW Nasdem Sulsel, Syaharuddin Alrif, Jumat (1/11/2019).

Soal siapa yang akan diusung nanti, Syahar mengaku akan menunggu hasil survei. “Nanti kita lihat elektabilitasnya yang mana punya peluang (menang) besar. Karena kita mau menang, makanya kita akan lihat surveinya seperti apa nanti,” tambahnya.

Selain itu lanjut Syahar, Partai Nasdem tidak menutup pintu untuk berkoalisi pada Pilkada Soppeng nanti. Maklum, Nasdem cuma memiliki 5 kursi di DPRD Soppeng. Butuh minimal 1 kursi untuk mengusung pasangan calon.

Untuk itu, kata Syahar, kepastian siapa yang akan didorong, masih menunggu hasil komunikasi politik dengan partai lain.

“Biarkan mereka jalan semua dulu. Sosialisasi di lapangan. Ujungnya kita akan lihat, siapa yang punya popularitas dan elektabilitas yang baik,” pungkas Syahar.(*/ade)

TRENDING

To Top