Politik

Sah, Aktivis 98 dan Mantan Wabup Soppeng jabat Anggota DPR RI

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Mantan Wakil Bupati Soppeng yang juga merupakan salah satu aktivis 98 asal Makassar, Supriansa SH MH, Selasa 1 Oktober 2019, resmi dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. Supri sapaan akrabnya, dilantik setelah terpilih melalui dapil II Sulawesi Selatan asal Partai Golkar.

Semasa mahasiswa, Supriansa adalah seorang aktivis saat kuliah di Universitas Muslim Indonesia (UMI Makassar). Pada masa mahasiswa, Supri terlibat sejumlah aksi unjuk rasa mahasiswa baik isu lokal maupun isu nasional. Pada masa reformasi 98, Supri memimpin aksi unjuk rasa dari Fakultas Hukum UMI Makassar, apalagi pada saat itu tercatat sebagai Ketua Senat umum Mahasiswa 1996-1998.

Selain itu Supri juga tercatat sebagai presidium Ikatan Senat Mahasiswa Fakultas Hukum (ISMAHI) 1996-1998. Usai tercatat sebagai mahasiswa, Supri bersama rekan rekannya membentuk lembaga yang fokus mengurus ketidakadilan yang melanda masyarakat kecil.

Sejumlah advokasi yang ia dampingi pada saat itu, adalah pedagang kaki lima di Makassar, pedagang pasar sentra, pedagang pasar terong. Selain itu, supri juga pernah menduduki bandara Hasanuddin Makassar saat mendampingi warga Maros yang tanahnya menjadi lokasi perluasan bandara Hasanuddin Makassar.

Bukan hanya bergerak dalam pendampingan warga yang tertindas, Supriansa juga tercatat sebagai aktivis anti narkoba di Sulawesi Selatan melalui Granat Makassar 2000-2005. Terpilihnya sebagai anggota DPR RI, dinilai supri karena pilihan rakyat. Sebab sejak melakukan sosialisasi kepada warga, Supri sama sekali tidak mengeluarkan dana apalagi pada saat pemilihan. “Ini semua karena rakyat. Saya tak bisa dilantik hari ini kalau bukan rakyat. Mereka yang meminta saya ke sini” ujar Supriansa.(*/ade)

TRENDING

To Top