Olahraga

Jelang Semi Final Walikota Cup, Bimantara FC Kejatuhan Duren

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Jelang laga semi final di lanjutan Walikota Cup 2019, Jawi Putra FC resmi di diskualifikasi dari turnamen karena kasus administrasi pemain. Keputusan diskualifikasi tersebut tentunya menjadi petaka bagi tim Jawi Putra FC karena tidak melakoni laga semi finalnya yang seyogianya bertemu tim Media FC di Stadion Gelora Mandiri, malam nanti.

Bagaikan kejatuhan duren, tim Bimantara FC yang sebelumnya bersua Jawi Putra FC untuk tiket ke semi final dan kalah 1-3. Akhirnya menang atas putusan diskualifikasi tersebut. Media FC akhirnya melawan Bimantara FC di semi final. Pasalnya, Jawi Putra FC terbukti melanggar peraturan pertandingan dengan menurunkan pemain yang tidak sah dalam babak perempat final melawan Bimantara FC, Kamis, 17 Oktober 2019, lalu.

Ketua Panitia Walikota Cup, HM Iskandar Nusu mengatakan, keputusan ini diambil berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan Askot PSSI Parepare bersama panitia Walikota Cup menindaklanjuti surat protes resmi dari FC Bimantara. “Tim investigasi yang diketuai Pak Edhar Abdullah menemukan bukti bahwa salah seorang pemaian Jawi Putra bukanlah karyawan salah satu koperasi di Parepare, seperti yang tertulis dalam surat keterangan. Berarti dia pemain luar, sementara Jawi Putra mendaftarnya sebagai pemain lokal berdasarkan surat keterangan itu,” jelas Iskandar Nusu.

Menurutnya, pelanggaran pertandingan tersebut tertuang dalam pasal 5 ayat 10 terkait persyaratan pemain, dengan memainkan tidak sah. “Jawi Putra didiskualifikasi, dan lawannya (Bimantara, red) dinyatakan menang WO,” ungkap Iskandar Nusu dalam meeting bersama empat klub semifinalis di Gazzaz Cafe and Resto, kemarin. Dengan demikian, Bimantara yang akan berhadapan Media FC pada partai semi final pertama di Stadion Gelora Mandiri Parepare, Selasa malam, 22 Oktober 2019.

Sementara pertandingan semifinal kedua pada Rabu malam, 23 Oktober 2019, antara FC Bhayangkara melawan Beringin FC. Selain mengumumkan keputusan soal diskualifikasi Jawi Putra, panitia juga membahas teknis soal pertandingan babak semi final. Pada semi final pertama, Media bertindak sebagai tuan rumah mengenakan kostum hitam-hitam, Bimantara kostum merah-merah.  Semifinal kedua, Bhayangkara bertindak sebagai tuan rumah mengenakan kostum abu-abu, lawannya Beringin orange-orange. (*)

TRENDING

To Top